Assalamu Alaikum wr,wb.
FADILAH PUASA RAMADHAN
Salam Ramadhan buat Saudara-saudaraku yang beriman dimana pun kalian berada ingatlah pada hari ini kita umat islam sedang melakukan ibadah shaum mulai pagi hari hingga nanti sore hari
dan kita sebagai umat yg beriman tentulah melakukan ibadah puasa ramadhan kali ini.
Karena puasa tersebut wajib hukumnya bagi orang-orang yg beriman dan yg berakal semua itu nanti di lakukan satu bulan ful untuk ibadah puasa juga nanti di malam harinya di sunahkan untuk ibadah Sholat Tarawih Tadarus Al Qur'an dan kumudian dilanjut qiammu lail dan itu belum ibadah -ibadah lainya...
Kawan di sini saya akan jelaskan/uraikan bagaimana sebenarnya tentang Fadilah puasa Ramadhan di bulan suci itu .
Yuk kita Renungkan tentang fadilah puasa Ramadhan itu sehingga kita bisa berfikir positif mau menggamalkan puasa itu juga bisa mengambil hikmahnya tentang puasa tersebut kawan.
inilah Fadilah puasa Ramadhan yang bisa kami nukilkan /jabarakan sehingga bisa kita gunakan sebagai referensi tambahan khozanah ilmu kita dan juga bisa di gunakan untuk motifasi ibadah kita di bulan suci ini bulan yang penuh mafiroh.amin.
Akan dicatat bagi kalian setiap hari sebelumnya pahala seribu suhada’ dan seribu orang yang benar; Dicatat bagi kalian seperti beribadah lima puluh tahun; Dicatat bagi kalian untuk setiap hari seperti puasa dua ribu hari, dan mengangkat derajat kalian
Itulah uraian mengenai Fadilah dari puasa Ramadhan yang bisa ku tulis dan bisa kita baca semoga itu bisa bermanfaat untuk melangsungkan kegiatan ibadah puasa Ramadhan kali ini yang kita lakukan dan semoga puasa kita bisa diterima oleh Allah Swt.
Amin ya Rabbal alamin.
Saudara-saudaraku yang beriman di manapun kalian berada, orang yang melakukan ibadah hanya karena Allah Semata itu adalah utama dan itu memang tujuanya yaitu ibadah hanya karena Allah Swt.
Bukan yang lainya.
contohnya:bukan karena kaya miskin. sorga dan neraka.
Tujuan ibadah yang dilakukan hambanya tidak lain adalah ingin mengharapkan Ridho Allah Swt di dunia dan akirat.
Lanjut.......kawan....
Disamping fadilah puasa Ramadhan yang kami uraikan /jabarkan diatas maka untuk puasa Ramadhan juga punya keutamaan buat diri kita yaitu sebagai
".pelaku yang melakukan puasa"
disini kami mencoba mengupas lagi keutamaan puasa kali ini...kawan.
Puasa merupakan sarana paling tangguh untuk membantu memerangi hawa nafsu serta menekan nafsu syahwat sekaligus sebagai sarana pensucian jiwa dan pemberhentiannya pada batas-batas Allah Ta’ala.
Di mana dia akan menahan lisannya dari berbicara sia-sia, mencela, serta menyerang kehormatan orang lain, berusaha menyebar ghibah (menceritakan kejelekan atau aib orang) dan namimah (mengadu domba) ke tengah-tengah mereka.
Puasa juga dapat menundukkan tipu daya, pengkhianatan, kecurangan, muslihat, serta mencegah upaya melakukan perbuatan keji, memakan riba, menyuap dan memakan harta manusia dengan cara yang bathil serta berbagai macam penipuan.
Selain itu, puasa juga mendorong seorang muslim untuk sesegera mungkin mengerjakan perbuatan baik, baik itu shalat maupun zakat dengan cara yang benar serta menyalurkan kepada pihak-pihak yang telah ditentukan oleh syari’at.
Dia juga akan berusaha mengeluarkan shadaqah serta melakukan hal-hal yang bermanfaat, berkeinginan keras untuk memperoleh rizki yang halal dan menghindarkan diri dari perbuatan dosa dan keji.
Di antara manfaat puasa yang agung adalah sebagai sarana menyiapkan seorang muslim dengan kekuatan yang menjadikannya mampu untuk melakukan perubahan pada dirinya sendiri.
Dia dapat melakukan latihan melalui puasa sehari-hari sehingga dia dapat menahan diri dari setiap hal yang dia sukai dan cintai.
Dan kepada penguasaan hawa nafsu dan syahwat, dia akan mengatakan, “Tidak.”
Kehidupan militer dengan segala hal yang diharuskannya, baik itu berupa kekerasan, kekasaran, ketegaran, ketundukan pada perintah, serta kedisiplinan pada arahan-arahan komandan. Dan kita bisa dapatkan perwujudan secara praktis pada puasa.
Puasa dapat memperkuat keinginan, mendorong kemauan, mengajarkan kesabaran, membantu menjernihkan fikiran, menghidupkan pemikiran, dan mengilhami pendapat yang cerdas.
jika seorang yang berpuasa dapat melangkah ke fase relaks (santai), serta melupakan berbagai rintangan yang muncul akibat waktu luang dan terkadang keputus asaan.
Maka ketika seseorang memiliki keinginan yang kuat sehingga dia mampu mengatakan kepada pelaku kemunkaran, “Ini munkar.”
Dia juga bisa menghadapi segala bentuk hal-hal negatif yang ada di tengah -tengah masyarakat.
Sehingga dengan demikian, dia telah menjadi seorang anggota masyarakat yang dinamis,soccial, yang akan membangun dan tidak merusak, serta melakukan perbaikan dan tidak melakukan peng-hancuran.
Puasa merupakan tempat penggemblengan diri bagi orang yang menjalankannya untuk membentuk akhlak mulia, akhlak ketakwaan, kebajikan, kebaikan, kepedulian, tolong-menolong, kasih sayang, kecintaan, kesabaran, dan akhlak mulia lainnya yang dibangun oleh puasa pada diri orang yang menjalankannya.
Pergolakan akan berlangsung terus-menerus antara jiwa yang menyuruh berbuat kejahatan dengan jiwa yang menyuruh berbuat kebaikan.
Setiap kemaksiatan yang dilakukan oleh seorang muslim adalah akibat dari penguasaan jiwa yang memerintahkan berbuat kejahatan.
Sedangkan setiap upaya pendekatan kepada Allah yang dilakukan oleh seorang muslim adalah senjata kuat yang digunakan oleh jiwa yang memerintahkan berbuat kebaikan.
Sesungguhnya pada puasa itu terkandung kesehatan yang besar dengan semua maknanya, baik kesehatan badan, perasaan, maupun rohani serta otak atau fikiran.
FADILAH PUASA RAMADHAN
Salam Ramadhan buat Saudara-saudaraku yang beriman dimana pun kalian berada ingatlah pada hari ini kita umat islam sedang melakukan ibadah shaum mulai pagi hari hingga nanti sore hari
dan kita sebagai umat yg beriman tentulah melakukan ibadah puasa ramadhan kali ini.
Karena puasa tersebut wajib hukumnya bagi orang-orang yg beriman dan yg berakal semua itu nanti di lakukan satu bulan ful untuk ibadah puasa juga nanti di malam harinya di sunahkan untuk ibadah Sholat Tarawih Tadarus Al Qur'an dan kumudian dilanjut qiammu lail dan itu belum ibadah -ibadah lainya...
Kawan di sini saya akan jelaskan/uraikan bagaimana sebenarnya tentang Fadilah puasa Ramadhan di bulan suci itu .
Yuk kita Renungkan tentang fadilah puasa Ramadhan itu sehingga kita bisa berfikir positif mau menggamalkan puasa itu juga bisa mengambil hikmahnya tentang puasa tersebut kawan.
inilah Fadilah puasa Ramadhan yang bisa kami nukilkan /jabarakan sehingga bisa kita gunakan sebagai referensi tambahan khozanah ilmu kita dan juga bisa di gunakan untuk motifasi ibadah kita di bulan suci ini bulan yang penuh mafiroh.amin.
Sebagaimana telah banyak diketahui
oleh Umat Islam mengenai Fadhilah melaksanakan Puasa Ramadhan, dimana yang
paling terkenal adalah hadits yang diriwayatkan oleh Salman Al Farisi, Nabi SAW
bersabda:
“Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya ampunan dan
akhirnya pembebasan dari api neraka.”
Namun demikian untuk memberikan
wacana lebih luas dan dalam, Maka sekiranya gue perlu memberi info kepada Saudara-saudaraku umat islam agar mau membaca dan merenungkan dan al khamdulillah kemudian di amalkan tentang tulisan berikut
ini mengenai Fadhilah melaksanakan Puasa Ramadhan yang diuraikan hari per
harinya.
Berikut ini adalah Keutamaan dan
Fadhilah melaksanakan Puasa Ramadhan dari hari ke-1 sampai denga hari ke-30.
Dan ini diambil /dinukilkan dari Kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah yang di tulis oleh Syeikh
Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi, beliau adalah
seorang ulama besar ahli hadits ber-Mazhab Ahlul Bait Nabi SAW.
Ditulis
berdasarkan Hadits shahih yang telah di “Tahqiq”.
Ini adalah terjemahan dari kitab tersebut:
Hari ke-1:
Semua dosa akan
diampuni oleh Allah SWT, baik yang tersembunyi dan yang terang-terangan. Akan
meninggikan derajat berlipat ribuan. Dan membuatkan untuk kalian lima puluh
ribu kota di surga.
Hari Ke-2:
Setiap ibadah akan
dicatat oleh Allah SWT terhadap segala apa yang dilakukan. Memberikan pahalanya
seperti ibadah selama satu tahun. Menyetarakan pahalanya seperti pahala seorang
nabi. Dan mencatat puasa hari ke-2 seperti puasa satu tahun.
Hari Ke-3:
Allah SWT memberi
setiap rambut di tubuh kalian taman permata yang indah di surga Firdaus, di
atasnya dua belas ribu rumah dari cahaya, di bawahnya dua belas ribu tempat
tidur dan di setiap tempat tidur ada bidadari, setiap hari seribu malaikat
berkunjung dan setiap malaikat membawa hadiah untuk kalian.
Hari Ke-4:
Pahalanya adalah Surga
Khuld yang didalamnya terdapat tujuh puluh ribu istana dan di setiap istana
terdapat tujuh puluh ribu rumah, di setiap rumah terdapat lima puluh ribu
tempat tidur dan disetiap tempat tidur terdapat bidadari dan setiap bidadari
memiliki seribu perhiasan yang lebih baik dari dunia dan segala isinya.
Hari Ke-5:
Pahalanya adalah Surga
Al-Ma’wa yang terdapat beribu-ribu kota, setiap kota terdapat seribu rumah, di
setiap rumah terdapat seribu meja makan, di atas setiap meja makan tujuh puluh
ribu tempat makanan, di setiap tempat makanan tujuh puluh macam makanan yang
tidak sama satu dengan yang lain.
Hari Ke-6:
Pahalanya adalah Surga
Darus Salam yang terdapat seratus ribu kota, di setiap kota seratus
perkampungan, disetiap perkampungan seratus ribu rumah, di setiap rumah seratus
ribu tempat tidur dari emas yang panjang, setiap tempat tidur panjangnya seribu
hasta, di atas tempat tidur terdapat bidadari sebagai pasangan yang berhias
dengan tiga puluh ribu perhiasan dari permata putih dan permata merah, dan
setiap bidadari membawa seratus pelayan.
Hari Ke-7:
Pahalanya adalah Surga
Na’im. Pahala seribu syuhada’ dan empat puluh ribu orang yang benar.
Hari Ke-8:
Pahalanya seperti
pahala amal enam puluh ribu ahli ibadah dan orang enam puluh ribu orang yang
zuhud.
Hari Ke-9:
Pahalanya adalah Allah
SWT akan memberikan apa yang diberikan kepada seribu ulama, seribu orang yang
i’tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan.
Hari Ke-10:
Dikabulkannya
tujuh puluh ribu hajat, dan matahari, bulan, bintang-bintang, binatang yang
melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap
yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut dan dedaunan di pepohonan
akan memohonkan ampunan bagi kita.
Hari Ke-11:
Pahalanya seperti
pahala empat kali orang yang haji dan umrah, setiap yang haji bersama seorang
Nabi, dan setiap yang umrah bersama orang yang benar dan yang syahid.
Hari Ke-12:
Akan dijadikan bagi
kalian keimanan yang dapat merubah keburukan-keburukan menjadi
kebaikan-kebaikan yang berlipat-ganda, dan mencatat bagi kalian setiap kebaikan
seribu kebaikan.
Hari Ke-13:
Dicatat bagi kalian
pahala seperti pahala ibadah penduduk Mekkah dan Madinah, dan Allah memberi
kalian syafaat sejumlah bebatuan dan bongkahan tanah liat yang ada di antara
Mekkah dan Madinah.
Hari Ke-14:
Kalian seperti
berjumpa dengan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Daud dan Sulaiman, dan seperti
beribadah kepada Allah Azza wa Jalla bersama setiap Nabi selama dua ratus
tahun.
Hari Ke-15:
Dikabulkan untuk
kalian hajat-hajat dunia dan akhirat, memberi kalian apa yang diberikan kepada
Nabi Ayyub; para malaikat pemikul Arasy memohonkan ampunan untuk kalian, dan
pada hari kiamat Allah Azza wa Jalla akan memberi kalian empat puluh cahaya,
sepuluh cahaya dari sebelah kanan kalian, sepuluh dari sebelah kiri kalian,
sepuluh dari depan kalian, dan sepuluh cahaya dari belakang kalian.
Hari Ke-16:
Diberikan kepada
kalian enam puluh pakaian untuk kalian pakai pada hari kalian dibangkitkan dari
kubur, enam puluh onta untuk kalian kendarai, dan dikirim awan untuk menaungi
kalian dari sengatan panas hari itu.
Hari Ke-17:
Allah SWT menyatakan: “sungguh
Aku telah mengampuni mereka dan bapak-bapak mereka, Aku akan lindungi mereka
dari azab hari kiamat.”
Hari Ke-18:
Diperintahkan kepada
malaikat Jibril, Mikail, Israfil, malaikat pemikul Arasy dan Al-Karubin agar
memohonkan ampunan untuk ummat Muhammad saw sampai tahun berikutnya, dan Allah
Azza wa Jalla memberikan pada kalian pahala para syuhada’ Badar.
Hari Ke-19:
Semua malaikat langit
dan bumi minta izin kepada Tuhannya untuk berziarah ke kuburan kalian setiap
hari, dan setiap malaikat membawa hadiah dan minuman untuk kalian.
Hari Ke-20:
Diutus kepada kalian
tujuh puluh Malaikat untuk menjaga kalian dari setiap setan yang terkutuk;
dicatat untuk kalian setiap hari kalian puasa seperti berpuasa seratus tahun;
menjadikan parit antara kalian dan neraka; memberi kalian pahala orang yang
termaktub dalam Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qu’an; dicatat untuk kalian setiap
pena Jibril sebagai ibadah satu tahun; memberikan pada kalian pahala tasbih
Arasy dan Kursi; dan memberi pasangan untuk kalian setiap ayat Al-Qur’an seribu
bidadari.
Hari Ke-21:
Diluaskan kuburan
kalian seribu farsakh, menghilangkan dari kalian kegelapan dan kesepian,
menjadikan kuburan kalian seperti kuburan para syuhada’, dan menjadikan wajah
kalian seperti wajah Yusuf bin Ya’qub AS.
Hari Ke-22:
Diutus kepada kalian
malaikat maut seperti pada para Nabi saw, menyelamatkan kalian dari keganasan
malaikat Munkar dan Nakir, dan menghilangkan dari kalian penderitaan dunia dan
akhirat.
Hari Ke-23:
Kalian akan melintasi
shirathal mustaqim bersama para Nabi, shiddiqin dan syuhada’, dan pahala kalian
seperti memberi makanan kepada setiap anak yatim dari ummatku dan seperti
memberi pakaian kepada setiap yang telanjang dari ummatku.
Hari Ke-24:
kalian tidak akan
keluar dari dunia kecuali kalian melihat kedudukannya di surga; setiap kalian
diberi pahala seribu orang yang sakit, seribu pahala orang yang merantau untuk
mentaati Allah Azza wa Jalla, kalian diberi pahala seribu pembebasan dari
keturunan nabi Ismail AS.
Hari Ke-25:
Dibuatkan untuk kalian
di bawah Arasy seribu menara hijau, di atas setiap menara terdapat kemah dari
cahaya, dan Allah SWT berfirman: “Wahai ummat Muhammad, Aku adalah Tuhan dan
kalian adalah hamba-Ku, bernaunglah kalian di bawah Arasy-Ku di menaramenara
ini, makan dan minumlah sepuas kalian, jangan takut dan jangan sedih; wahai
ummat Muhammad, demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku akan mengirim kalian ke
surga, kalian akan dibanggakan oleh orang-orang yang terdahulu dan yang
terakhir, Aku akan memberikan pada setiap kalian seribu mahkota dari cahaya,
kendaraan onta yang Kuciptakan dari cahaya, tali kendalinya dari cahaya dan
pada tali kendali itu terdapat seribulingkaran yang terbuat dari emas, dan pada
setiap lingkaran berdiri malaikat, dan setiap malaikat memegang tongkat dari
cahaya sehingga kalian memasuki surga tanpa dihisab.
Hari Ke-26:
Allah SWT memandang
dengan kasih sayang-Nya, kemudian mengampuni semua dosa kalian kecuali sogokan
dari hartanya; Mensucikan rumah kalian setiap hari tujuh puluh ribu kali dari
ghibah dan dusta.
Hari Ke-27:
Pahalanya seperti
menolong setiap mukmin dan mukminah, memberi pakaian pada tujuh puluh ribu
orang yang telanjang, membantu seribu orang yang menjalin tali persaudaraan;
kalian seperti membaca semua kitab yang diturunkan oleh Allah Azza wa Jalla
kepada para Nabi-Nya.
Hari Ke-28:
Menjadikan bagi kalian
di surga Al-Khuld seratus ribu kota dari cahaya, memberi kalian di surga
Al-Ma’wa seratus ribu istana dari perak; memberi kalian di surga Al-Jalal tiga
ratus ribu mimbar (tempat yang tinggi) yang terbuat dari misik, di setiap
mimbar seribu rumah dari za’faran.
Hari Ke-29:
Diberikan kepada
kalian beribu-ribu kediaman dan di setiap kediaman terdapat menara putih,
disetiap menara terdapat tempat tidur dari kafur putih dilengkapi dengan seribu
permadani dari sutera hijau, di setiap permadani disiapkan bidadari yang
dihiasi dengan tujuh puluh ribu hiasan, di kepalanya seribu hiasan dari
permata.
Hari Ke-30: Akan dicatat bagi kalian setiap hari sebelumnya pahala seribu suhada’ dan seribu orang yang benar; Dicatat bagi kalian seperti beribadah lima puluh tahun; Dicatat bagi kalian untuk setiap hari seperti puasa dua ribu hari, dan mengangkat derajat kalian
Itulah uraian mengenai Fadilah dari puasa Ramadhan yang bisa ku tulis dan bisa kita baca semoga itu bisa bermanfaat untuk melangsungkan kegiatan ibadah puasa Ramadhan kali ini yang kita lakukan dan semoga puasa kita bisa diterima oleh Allah Swt.
Amin ya Rabbal alamin.
Saudara-saudaraku yang beriman di manapun kalian berada, orang yang melakukan ibadah hanya karena Allah Semata itu adalah utama dan itu memang tujuanya yaitu ibadah hanya karena Allah Swt.
Bukan yang lainya.
contohnya:bukan karena kaya miskin. sorga dan neraka.
Tujuan ibadah yang dilakukan hambanya tidak lain adalah ingin mengharapkan Ridho Allah Swt di dunia dan akirat.
Lanjut.......kawan....
Disamping fadilah puasa Ramadhan yang kami uraikan /jabarkan diatas maka untuk puasa Ramadhan juga punya keutamaan buat diri kita yaitu sebagai
".pelaku yang melakukan puasa"
disini kami mencoba mengupas lagi keutamaan puasa kali ini...kawan.
. KEUTAMAAN-KEUTAMAAN PUASA DAN RAHASIA-RAHASIANYA
1. Puasa merupakan tempat pembinaan bagi setiap muslim untuk membina dirinya, di
mana masing-masing mengerjakan amalan yang dapat memperbaiki jiwa, meninggikan
derajat, memotivasi untuk
mendapatkan hal-hal yang terpuji dan menjauhkan diri dari hal-hal yang merusak.
Juga memperkuat kemauan, meluruskan kehendak, memperbaiki fisik, menyembuhkan penyakit, serta mendekatkan seorang hamba kepada Rabb-nya.
Dengannya pula berbagai macam dosa dan kesalahan akan diampuni, berbagai kebaikan akan semakin bertambah, dan kedudukan pun akan semakin tinggi.
mendapatkan hal-hal yang terpuji dan menjauhkan diri dari hal-hal yang merusak.
Juga memperkuat kemauan, meluruskan kehendak, memperbaiki fisik, menyembuhkan penyakit, serta mendekatkan seorang hamba kepada Rabb-nya.
Dengannya pula berbagai macam dosa dan kesalahan akan diampuni, berbagai kebaikan akan semakin bertambah, dan kedudukan pun akan semakin tinggi.
2. Allah Ta’ala telah mewajibkan bagi kaum muslimin untuk menjalankan
puasa sepanjang bulan Ramadhan, bulan tersebut merupakan sayyidu syuhuur
(penghulu bulan-bulan lainnya), padanya dimulai penurunan al-Qur-an.
Bulan Ramadhan adalah bulan ketaatan, pendekatan diri, kebajikan, kebaikan, sekaligus sebagai bulan pengampunan, rahmat dan keridhaan.
Padanya pula tedapat Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Mengenai keutamaan bulan ini dan puasa pada bulan ini telah disebutkan dalam banyak hadits, dan yang dapat kami sebutkan di antaranya:
Bulan Ramadhan adalah bulan ketaatan, pendekatan diri, kebajikan, kebaikan, sekaligus sebagai bulan pengampunan, rahmat dan keridhaan.
Padanya pula tedapat Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Mengenai keutamaan bulan ini dan puasa pada bulan ini telah disebutkan dalam banyak hadits, dan yang dapat kami sebutkan di antaranya:
a. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“اَلصِّيَامُ جُنَّةٌ فَإِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا فَلاَ
يَرْفُثْ وَلاَ يَجْهَلْ وَإِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ، فَلْيَقُلْ:
إِنِّي صَائِمٌ (مَرَّتَيْنِ)، وَالَّذِيْ نَفْسِي بِيَدِهِ، لَخُلُوْفُ فَمِ
الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ، يَتْرُكُ
طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَشَهْوَتَهُ مِنْ أَجْلِي، اَلصِّيَامُ لِي وَأَنَا
أَجْزِي بِهِ، وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا.”
“Puasa itu adalah perisai. Oleh karena itu, jika salah seorang di
antara kalian berpuasa, maka janganlah dia berkata-kata kotor dan tidak juga
berlaku bodoh.
Jika ada orang yang memerangi atau mencacinya, maka hendaklah dia mengatakan, ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa’ (sebanyak dua kali).
Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah Ta’ala daripada aroma minyak kesturi, di mana dia meninggalkan makanan, minuman, dan nafsu syahwatnya karena Aku (Allah).
Puasa itu untuk-Ku dan Aku akan memberikan pahala karenanya dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.”
Jika ada orang yang memerangi atau mencacinya, maka hendaklah dia mengatakan, ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa’ (sebanyak dua kali).
Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah Ta’ala daripada aroma minyak kesturi, di mana dia meninggalkan makanan, minuman, dan nafsu syahwatnya karena Aku (Allah).
Puasa itu untuk-Ku dan Aku akan memberikan pahala karenanya dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.”
b. Hadits yang diriwayatkan oleh Hudzaifah Radhiyallahu anhu, ia
berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:
“فِتْنَةُ الرَّجُلِ فِي أَهْلِهِ وَمَالِهِ وَجَارِهِ تُكَفِّرُهَا
الصَّلاَةُ وَالصِّيَامُ وَالصَّدَقَةُ.”
“Kesalahan seseorang terhadap keluarga, harta dan tetangganya akan
dihapuskan oleh shalat, puasa dan shadaqah.”
c. Hadits yang diriwayatkan dari Sahl Radhiyallahu anhu, ia
berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَاباً يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ، يَدْخُلُ
مِنْهُ الصَّائِمُوْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ
غَيْرُهُمْ يُقَالُ: أَيْنَ الصَّائِمُوْنَ؟ فَيَقُوْمُوْنَ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ
أَحَدٌ غَيْرُهُمْ، فَإِذَا دَخَلُوْا أُغْلِقُ، فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ.”
‘Sesungguhnya di Surga itu terdapat satu pintu yang diberi nama
ar-Rayyan. Dari pintu itu orang-orang yang berpuasa akan masuk pada hari Kiamat
kelak.
Tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu itu selain mereka. Ditanyakan, ‘Mana orang-orang yang berpuasa?’ Lalu mereka pun berdiri.
Tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu itu selain mereka. Jika mereka sudah masuk, maka pintu itu akan ditutup sehingga tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut.’”
Tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu itu selain mereka. Ditanyakan, ‘Mana orang-orang yang berpuasa?’ Lalu mereka pun berdiri.
Tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu itu selain mereka. Jika mereka sudah masuk, maka pintu itu akan ditutup sehingga tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut.’”
d. Hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu,
ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“إِذَا جَاءَ رَمَضَانَ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ.”
‘Jika Ramadhan tiba, maka pintu-pintu Surga dibuka.’”
e. Hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu,
ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ فُتِحَتْ أبْوَابُ السَّمَاءِ
وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِيْنُ.”
‘Jika bulan Ramadhan telah masuk, maka pintu-pintu langit akan
dibuka dan pintu-pintu Jahannam akan ditutup dan syaitan-syaitan pun
dibelenggu.’”
f. Hadits yang juga diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu
anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيْمَاناً وَاحْتِسَاباً غُفِرَ
لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَاناً
وَاحْتِسَاباً غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.”
‘Barangsiapa bangun pada malam Lailatul Qadar dengan penuh
keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diberikan ampunan kepadanya atas
dosanya yang telah lalu.
Dan barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala maka akan diberikan ampunan kepadanya atas dosanya yang telah lalu.’”
Dan barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala maka akan diberikan ampunan kepadanya atas dosanya yang telah lalu.’”
BEBERAPA
RAHASIA PUASA
Puasa merupakan sarana paling tangguh untuk membantu memerangi hawa nafsu serta menekan nafsu syahwat sekaligus sebagai sarana pensucian jiwa dan pemberhentiannya pada batas-batas Allah Ta’ala.
Di mana dia akan menahan lisannya dari berbicara sia-sia, mencela, serta menyerang kehormatan orang lain, berusaha menyebar ghibah (menceritakan kejelekan atau aib orang) dan namimah (mengadu domba) ke tengah-tengah mereka.
Puasa juga dapat menundukkan tipu daya, pengkhianatan, kecurangan, muslihat, serta mencegah upaya melakukan perbuatan keji, memakan riba, menyuap dan memakan harta manusia dengan cara yang bathil serta berbagai macam penipuan.
Selain itu, puasa juga mendorong seorang muslim untuk sesegera mungkin mengerjakan perbuatan baik, baik itu shalat maupun zakat dengan cara yang benar serta menyalurkan kepada pihak-pihak yang telah ditentukan oleh syari’at.
Dia juga akan berusaha mengeluarkan shadaqah serta melakukan hal-hal yang bermanfaat, berkeinginan keras untuk memperoleh rizki yang halal dan menghindarkan diri dari perbuatan dosa dan keji.
Dengan demikian, di dalam puasa itu terkandung banyak keutamaan
yang sangat agung.
Selain itu juga memiliki berbagai rahasia besar yang sebagian di antaranya telah diketahui oleh banyak orang, sedang sebagian lainnya tidak diketahui.
Selain itu juga memiliki berbagai rahasia besar yang sebagian di antaranya telah diketahui oleh banyak orang, sedang sebagian lainnya tidak diketahui.
Dan di antara rahasia dan manfaat puasa yang paling tampak jelas
adalah sebagai berikut:
PUASA
MERUPAKAN METODE YANG MANTAP UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN/REFORMASI
Di antara manfaat puasa yang agung adalah sebagai sarana menyiapkan seorang muslim dengan kekuatan yang menjadikannya mampu untuk melakukan perubahan pada dirinya sendiri.
Dia dapat melakukan latihan melalui puasa sehari-hari sehingga dia dapat menahan diri dari setiap hal yang dia sukai dan cintai.
Dan kepada penguasaan hawa nafsu dan syahwat, dia akan mengatakan, “Tidak.”
Sungguh jawaban yang hebat jika berada dalam keridhaan Allah. Jika
seorang muslim mampu mengatakan hal tersebut, berarti dia telah berhasil
mewujudkan kehormatan dan kedudukan yang tinggi atas syahwat dan ketamakannya.
Sedangkan orang-orang yang tidak berpuasa adalah orang yang tidak pernah mampu mengendalikan gejolak jiwa mereka, bahkan mereka selalu tunduk kepada syahwat dan keinginan nabsu belaka.
Mereka adalah budak-budak yang hina, bahkan lebih buruk dari budak-budak manusia.
Seorang penya’ir telah mengungkapkan:
Sedangkan orang-orang yang tidak berpuasa adalah orang yang tidak pernah mampu mengendalikan gejolak jiwa mereka, bahkan mereka selalu tunduk kepada syahwat dan keinginan nabsu belaka.
Mereka adalah budak-budak yang hina, bahkan lebih buruk dari budak-budak manusia.
Seorang penya’ir telah mengungkapkan:
“Kalau
bukan karena kesulitan, niscaya umat manusia ini
Secara keseluruhan akan menjadi terhormat,
Kedermawanan semakin langka
dan keberanian berarti perang.”
Kedermawanan semakin langka
dan keberanian berarti perang.”
PUASA
SEBAGAI CARA PENGGEMBLENGAN ARMY.
Kehidupan militer dengan segala hal yang diharuskannya, baik itu berupa kekerasan, kekasaran, ketegaran, ketundukan pada perintah, serta kedisiplinan pada arahan-arahan komandan. Dan kita bisa dapatkan perwujudan secara praktis pada puasa.
Yang demikian itu karena puasa merupakan sarana penggemblengan
kekuatan fisik yang mengharuskan pelakunya menempuh satu manhaj (metode)
tersendiri dalam kehidupannya.
Di mana tiang penyangganya berupa ketegaran, larangan, dan bersabar atas pahit getirnya rasa lapar dan panasnya rasa haus, kelelahan fisik dalam mengendalikan diri serta menahan hawa nafsu juga mengekang keinginannya.
Seakan-akan seorang muslim yang berpuasa itu adalah seorang tentara yang siap mendengar dan mentaati serta menjalankan perintah Rabb-nya tanpa penolakan atau pembangkangan.
Di mana tiang penyangganya berupa ketegaran, larangan, dan bersabar atas pahit getirnya rasa lapar dan panasnya rasa haus, kelelahan fisik dalam mengendalikan diri serta menahan hawa nafsu juga mengekang keinginannya.
Seakan-akan seorang muslim yang berpuasa itu adalah seorang tentara yang siap mendengar dan mentaati serta menjalankan perintah Rabb-nya tanpa penolakan atau pembangkangan.
Jika seorang tentara itu tunduk dan berpegang pada perintah serta
menjalankannya di bawah pengawasan komandan.
Maka orang yang berpuasa (sedang) menjalankan perintah tanpa pengawasan dari seorang pun, kecuali dari Allah Yang Maha hidup lagi Maha berdiri sendiri.
Yang tidak akan pernah lengah dan tidur, Maha suci Allah lagi Maha tinggi akan firman-firman-Nya.
Maka orang yang berpuasa (sedang) menjalankan perintah tanpa pengawasan dari seorang pun, kecuali dari Allah Yang Maha hidup lagi Maha berdiri sendiri.
Yang tidak akan pernah lengah dan tidur, Maha suci Allah lagi Maha tinggi akan firman-firman-Nya.
PUASA
MEMPERKUAT KEINGINAN
Puasa dapat memperkuat keinginan, mendorong kemauan, mengajarkan kesabaran, membantu menjernihkan fikiran, menghidupkan pemikiran, dan mengilhami pendapat yang cerdas.
jika seorang yang berpuasa dapat melangkah ke fase relaks (santai), serta melupakan berbagai rintangan yang muncul akibat waktu luang dan terkadang keputus asaan.
Maka ketika seseorang memiliki keinginan yang kuat sehingga dia mampu mengatakan kepada pelaku kemunkaran, “Ini munkar.”
Dia juga bisa menghadapi segala bentuk hal-hal negatif yang ada di tengah -tengah masyarakat.
Sehingga dengan demikian, dia telah menjadi seorang anggota masyarakat yang dinamis,soccial, yang akan membangun dan tidak merusak, serta melakukan perbaikan dan tidak melakukan peng-hancuran.
Ketika suatu bangsa memiliki keinginan yang kuat dan besar, maka
dia tidak akan memperkenankan agresor atau penjajah untuk menginjakkan kaki ke
tanahnya atau ikut campur dalam menentukan perjalanan hidupnya.
Dengan kekuatan tersebut, ia juga akan mampu meraih kemenangan di medan pertempuran melawan kebodohan, keterbelakangan, melawan hawa nafsu syahwat, serta sanggup menembus segala rintangan pembangunan dan kemajuan.
Dengan kekuatan tersebut, ia juga akan mampu meraih kemenangan di medan pertempuran melawan kebodohan, keterbelakangan, melawan hawa nafsu syahwat, serta sanggup menembus segala rintangan pembangunan dan kemajuan.
.
Syaikh ad-Dausari Rahimahullah mengatakan, “Membangun keinginan
yang kuat di dalam diri bukanlah suatu hal yang mudah.
Berbagai kalangan, baik perkumpulan (organisasi) maupun kalangan militer telah berusaha membangun keinginan yang kuat kepada masyarakat masa kini.
Padahal, Islam telah mendahului mereka dalam hal tersebut pada 14 abad yang lalu.
Cukup besar kebutuhan seorang muslim, khususnya untuk memiliki keinginan kuat dan kemauan yang keras. Oleh karena itu, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan untuk berjuang melawan sakit akibat rasa lapar dan haus dalam menjalankan puasa.
Berbagai kalangan, baik perkumpulan (organisasi) maupun kalangan militer telah berusaha membangun keinginan yang kuat kepada masyarakat masa kini.
Padahal, Islam telah mendahului mereka dalam hal tersebut pada 14 abad yang lalu.
Cukup besar kebutuhan seorang muslim, khususnya untuk memiliki keinginan kuat dan kemauan yang keras. Oleh karena itu, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan untuk berjuang melawan sakit akibat rasa lapar dan haus dalam menjalankan puasa.
Oleh karena itu, sudah sepatutnya bagi seorang muslim yang
berpuasa untuk tidak melakukan hal-hal yang merusak kekuatan ini setelah
berbuka,
Mengucilkan atau menghinakannya sehingga pada malam harinya dia akan merusak kuatnya keinginan yang telah dia bangun pada siang harinya.
Mengucilkan atau menghinakannya sehingga pada malam harinya dia akan merusak kuatnya keinginan yang telah dia bangun pada siang harinya.
PUASA
MEMBENTUK AKHLAK MULIA
Puasa merupakan tempat penggemblengan diri bagi orang yang menjalankannya untuk membentuk akhlak mulia, akhlak ketakwaan, kebajikan, kebaikan, kepedulian, tolong-menolong, kasih sayang, kecintaan, kesabaran, dan akhlak mulia lainnya yang dibangun oleh puasa pada diri orang yang menjalankannya.
Puasa dapat membentuk muraqabah (rasa selalu berada dalam
pengawasan Allah) bagi pelakunya.
Bagi dirinya ada satu penjaga pribadi yang selalu mengawasi dirinya agar tidak ada sesuatu pun yang bersumber dari dirinya yang bertentangan dengan syari’at.
Dialah yang membinanya dari dalam sehingga darinya muncul amal-amal lahiriah maupun bathiniyah yang tunduk pada pengawasan ini.
Bagi dirinya ada satu penjaga pribadi yang selalu mengawasi dirinya agar tidak ada sesuatu pun yang bersumber dari dirinya yang bertentangan dengan syari’at.
Dialah yang membinanya dari dalam sehingga darinya muncul amal-amal lahiriah maupun bathiniyah yang tunduk pada pengawasan ini.
Pernahkah engkau melihat orang yang berpuasa dengan penuh
kejujuran dan kesungguhan kepada Rabb-nya melakukan kebohongan kepada orang
lain?
Pernahkah engkau melihatnya secara tulus ikhlas menjalankan puasanya dan kemudian melakukan kemunafikan di masyarakat?
Sesungguhnya keikhlasan itu merupakan satu bagian utuh yang tidak mungkin dipisah-pisahkan.
Di mana puncaknya adalah ikhlas kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu, barangsiapa yang tulus ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala,
Pernahkah engkau melihatnya secara tulus ikhlas menjalankan puasanya dan kemudian melakukan kemunafikan di masyarakat?
Sesungguhnya keikhlasan itu merupakan satu bagian utuh yang tidak mungkin dipisah-pisahkan.
Di mana puncaknya adalah ikhlas kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu, barangsiapa yang tulus ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala,
maka sangat
mustahil baginya untuk melakukan penipuan, kecurangan atau berkhianat.
Oleh karena itu, puasa merupakan salah satu faktor dasar sekaligus pendalaman akhlakul karimah juga pengemblengan dan sekaligus pembentukannya untuk mengambil satu sifat amaliyah (perbuatan) yang semuanya berkumpul pada buahnya yang cukup jelas .
Dan yang telah diingatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di dalam kitab-Nya: (لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ)“Agar kalian bertakwa.”
Oleh karena itu, puasa merupakan salah satu faktor dasar sekaligus pendalaman akhlakul karimah juga pengemblengan dan sekaligus pembentukannya untuk mengambil satu sifat amaliyah (perbuatan) yang semuanya berkumpul pada buahnya yang cukup jelas .
Dan yang telah diingatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di dalam kitab-Nya: (لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ)“Agar kalian bertakwa.”
Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Puasa memiliki pengaruh
yang sangat kuat dalam menjaga anggota tubuh yang bersifat lahiriah dan juga
kekuatan bathin serta melindunginya dari faktor-faktor pencemaran yang merusak.
Jika faktor-faktor pencemaran tersebut telah menguasai dirinya, maka ia akan rusak.
Jika faktor-faktor pencemaran tersebut telah menguasai dirinya, maka ia akan rusak.
Dengan demikian, puasa akan menjaga kejernihan hati dan kesehatan
anggota badan sekaligus akan mengembalikan segala sesuatu yang telah berhasil
dirampas oleh nafsu syahwat.
Puasa merupakan power yang paling besar dalam merealisasikan ketakwaan…al ingsan.
Puasa merupakan power yang paling besar dalam merealisasikan ketakwaan…al ingsan.
PUASA
MEWUJUDKAN KETENANGAN JIWA
Pergolakan akan berlangsung terus-menerus antara jiwa yang menyuruh berbuat kejahatan dengan jiwa yang menyuruh berbuat kebaikan.
Setiap kemaksiatan yang dilakukan oleh seorang muslim adalah akibat dari penguasaan jiwa yang memerintahkan berbuat kejahatan.
Sedangkan setiap upaya pendekatan kepada Allah yang dilakukan oleh seorang muslim adalah senjata kuat yang digunakan oleh jiwa yang memerintahkan berbuat kebaikan.
Oleh karena itu, puasa akan membangun kekuasaan jiwa, menguatkan
serta meneguhkannya untuk melaksanakan risalahnya dan memfungsikan perannya
dalam menjaga kedamaian dan ketenangan dalam diri seseorang.
Peranan penting dari kekuasaan jiwa itu adalah pengarahan melalui kecaman dan teguran yang keras setiap kali gangguan jiwa berupaya untuk mengajak kepada kejahatan, memperdayanya atau menjebaknya agar tunduk kepadanya.
Demikianlah, berbagai pertempuran bersembunyi di dalam jiwa dan berbagai kekuatan kebaikan akan menang, yang selanjutnya kedamaian dan rasa aman akan menyelimut dalam jiwa sehingga jiwa akan tenang.
Dengan ketenangan jiwa itulah manusia tampak sabar dan tenang dalam menghadapi gelombang kehidupan di dunia yg fana ini.
Kemudian beralih ke seluruh anggota badan sehingga bagian yang lain pun menikmati rasa aman dan ketenangan. Akhirnya semua kebaikan terealisasi bagi setiap muslim yang menjalankan puasa.
Peranan penting dari kekuasaan jiwa itu adalah pengarahan melalui kecaman dan teguran yang keras setiap kali gangguan jiwa berupaya untuk mengajak kepada kejahatan, memperdayanya atau menjebaknya agar tunduk kepadanya.
Demikianlah, berbagai pertempuran bersembunyi di dalam jiwa dan berbagai kekuatan kebaikan akan menang, yang selanjutnya kedamaian dan rasa aman akan menyelimut dalam jiwa sehingga jiwa akan tenang.
Dengan ketenangan jiwa itulah manusia tampak sabar dan tenang dalam menghadapi gelombang kehidupan di dunia yg fana ini.
Kemudian beralih ke seluruh anggota badan sehingga bagian yang lain pun menikmati rasa aman dan ketenangan. Akhirnya semua kebaikan terealisasi bagi setiap muslim yang menjalankan puasa.
PUASA
MERUPAKAN SALAH SATU WUJUD DARI KESATUAN UMAT ISLAM
Puasa merupakan satu penampakan praktis dari berbagai penampakan kesatuan kaum
muslimin, kesetaraan antara si kaya dan si miskin, penguasa dan rakyat, orang
tua dan anak kecil, serta laki-laki dan perempuan.
Mereka berpuasa untuk Rabb mereka, seraya memohon ampunan-Nya dengan menahan diri dari makan pada satu waktu dan berbuka dalam satu waktu juga.
Mereka sama-sama mengalami rasa lapar dan berada dalam pelarangan yang sama di siang hari, sebagaimana mereka mempunyai kedudukan yang sama dalam mengibarkan syi’ar-syi’ar lain yang berkenaan dengan puasa.
Mereka berpuasa untuk Rabb mereka, seraya memohon ampunan-Nya dengan menahan diri dari makan pada satu waktu dan berbuka dalam satu waktu juga.
Mereka sama-sama mengalami rasa lapar dan berada dalam pelarangan yang sama di siang hari, sebagaimana mereka mempunyai kedudukan yang sama dalam mengibarkan syi’ar-syi’ar lain yang berkenaan dengan puasa.
Dengan demikian, puasa merealisasikan semacam kesatuan tujuan,
rasa, nurani, dan tempat kembali di masyarakat yang berpuasa.
Secara keseluruhan, umat Islam berdiri dalam satu barisan pada
satu musim tertentu setiap tahun dan dalam beberapa hari tertentu di antara
seluruh umat manusia ini.
Ia merupakan barisan penghubung antara bangsa-bangsa yang kuat, antara komponen dari umat Islam secara keseluruhan, meskipun tempat tinggal mereka berjauhan dan berada dalam satu ikatan yang ditempatkan di hadapan satu pengalaman, yang memiliki satu pengaruh dan dalam satu penampakan kebersamaan.
Ia merupakan barisan penghubung antara bangsa-bangsa yang kuat, antara komponen dari umat Islam secara keseluruhan, meskipun tempat tinggal mereka berjauhan dan berada dalam satu ikatan yang ditempatkan di hadapan satu pengalaman, yang memiliki satu pengaruh dan dalam satu penampakan kebersamaan.
Dengan demikian, hati dan perasaan mereka akan menjadi semakin
erat dan akrab sehingga menjadi satu hati yang mengarah kepada kehidupan dengan
satu pandangan.
Inilah satu teladan yang baik bagi persatuan antara berbagai
masyarakat dari umat ini,
Bahkan sebagai teladan yang ideal bagi setiap kesatuan dalam kehidupan ini. Sebab, ia merupakan kesatuan yang bersumber dari nurani dan menciptakan masa depan serta tempat kembali dan membangkitkan berbagai kemuliaan dari dalam diri yang nampak secara lahiriahnya, sehingga terwujudnya firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
Bahkan sebagai teladan yang ideal bagi setiap kesatuan dalam kehidupan ini. Sebab, ia merupakan kesatuan yang bersumber dari nurani dan menciptakan masa depan serta tempat kembali dan membangkitkan berbagai kemuliaan dari dalam diri yang nampak secara lahiriahnya, sehingga terwujudnya firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
وَإِنَّ هَٰذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ
فَاتَّقُونِ
“Sesungguhnya (agama tauhid) ini adalah agama kalian semua, agama
yang satu dan Aku adalah Rabb kalian, maka bertakwalah kepada-Ku.”
[al-Mu’minun/23: 52]
Kesatuan yang diwujudkan oleh puasa ini merupakan kesatuan
permulaan, karena ia merupakan buah dari ibadah yang sungguh-sungguh.
Kesatuan nurani, karena ia bersumber dari amal perbuatan perasaan
yang didasarkan pada perencanaan jiwa kemanusiaan.
Kesatuan tempat kembali, karena ia menggiring umat ini secara
keseluruhan kepada satu tempat kembali yang berakhir padanya dan berdiam di
sana, yaitu takwa
Pada Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjadikannya sebagai buah dari puasa.
Pada Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjadikannya sebagai buah dari puasa.
Kesatuan rasa, karena ia menyatukan rasa dan perasaan umat pada
satu tujuan dan menempatkannya pada satu jalan.
Kesatuan ‘aqidah, karena ia bersumber dari keimanan dan keyakinan
dan bertengger di udara takwa dan ibadah.
Dalam penampilannya yang cukup mengesankan, kesatuan ini
memberikan gambaran yang benar mengenai kesatuan besar yang menyamaratakan
semua anggota umat meskipun terdapat perbedaan jenis, warna kulit, dan
kebangsaan.
Jika engkau ingin membuktikan hal tersebut, silakan arahkan pandangan-mu pada saat berbuka di negara yang aman, di Baitullah, untuk menyaksikan ratusan ribu orang yang berbuka bersama dalam satu waktu.
Pernahkah engkau menyaksikan tampilan kesatuan yang lebih jelas dari ini? Pada hakikatnya, yang buta itu bukanlah pandangan mata, tetapi hati yang ada di dalam dada masih bisa melihatnya.
Jika engkau ingin membuktikan hal tersebut, silakan arahkan pandangan-mu pada saat berbuka di negara yang aman, di Baitullah, untuk menyaksikan ratusan ribu orang yang berbuka bersama dalam satu waktu.
Pernahkah engkau menyaksikan tampilan kesatuan yang lebih jelas dari ini? Pada hakikatnya, yang buta itu bukanlah pandangan mata, tetapi hati yang ada di dalam dada masih bisa melihatnya.
PUASA
MEMILIKI PENGARUH BESAR BAGI KESEHATAN SECARA UMUM
Sesungguhnya pada puasa itu terkandung kesehatan yang besar dengan semua maknanya, baik kesehatan badan, perasaan, maupun rohani serta otak atau fikiran.
Dengan demikian, puasa dapat memperbaharui kehidupan seseorang
dengan diperbaharuinya sel-sel dan dibuangnya sel-sel yang sudah tua dan mati
serta diistirahatkannya perut dan organ pencernaan.
Puasa juga dapat memberikan perlindungan terhadap tubuh, membersihkan perut dari sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna dan juga dari kelembaban yang ditinggalkan oleh makanan dan minuman.
Puasa juga dapat memberikan perlindungan terhadap tubuh, membersihkan perut dari sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna dan juga dari kelembaban yang ditinggalkan oleh makanan dan minuman.
Banyak para dokter menyebutkan berbagai manfaat puasa, di
antaranya bahwa puasa dapat mempertahankan kelembaban insidentil sekaligus
membersihkan pencernaan dari racun yang ditimbulkan oleh makanan yang tidak
sehat, dan mengurangi lemak di perut yang sangat berbahaya bagi jantung.
Sedangkan kesehatan rohani yang ditimbulkan oleh puasa adalah
berupa bimbingan yang diberikan kepada orang-orang yang berpuasa karena Allah
Subhanahu wa Ta’ala, mengetahui tujuan dari penciptaan mereka,
Kemudian mempersiapkan mereka untuk mengambil semua sarana takwa yang akan melindunginya dari kehinaan, kerendahan, dan kerugian di dunia dan akhirat.
Pada akhirnya hati mereka menjadi selamat dari penyakit syubhat ,wanh dan penyakit syahwat yang telah menimpa banyak orang.
Kemudian mempersiapkan mereka untuk mengambil semua sarana takwa yang akan melindunginya dari kehinaan, kerendahan, dan kerugian di dunia dan akhirat.
Pada akhirnya hati mereka menjadi selamat dari penyakit syubhat ,wanh dan penyakit syahwat yang telah menimpa banyak orang.
Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz telah mengatakan, “Pada puasa itu
terdapat banyak manfaat dan hikmah yang besar, di antaranya adalah pembersihan,
penggemblengan dan pensucian jiwa dari akhlak tercela dan sifat-sifat buruk,
seperti tamak, rakus dan kikir.
Untuk kemudian dibiasakan dengan akhlak mulia seperti sabar, santun, dermawan, murah hati, dan pengerahan jiwa untuk mengerjakan segala hal yang diridhai Allah dan dapat mendekatkan diri kepada-Nya.
Untuk kemudian dibiasakan dengan akhlak mulia seperti sabar, santun, dermawan, murah hati, dan pengerahan jiwa untuk mengerjakan segala hal yang diridhai Allah dan dapat mendekatkan diri kepada-Nya.
Manfaat puasa lainnya adalah membuat seorang hamba dapat memahami
dirinya sendiri dan juga kebutuhannya, kelemahan dan kebutuhan dirinya akan
Rabb-nya, juga mengingatkan diri akan keagungan nikmat Allah yang diberikan
kepadanya.
Dan mengingatkan akan kebutuhan saudara-saudaranya yang hidup miskin, sehingga mengharuskan dirinya untuk bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus memohon pertolongan agar dilimpahkan berbagai kenikmatan .
Dan untuk selalu mentaati-Nya serta mengasihi saudara-saudaranya yang hidup miskin sekaligus dapat berbuat baik kepada mereka.
Dan mengingatkan akan kebutuhan saudara-saudaranya yang hidup miskin, sehingga mengharuskan dirinya untuk bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus memohon pertolongan agar dilimpahkan berbagai kenikmatan .
Dan untuk selalu mentaati-Nya serta mengasihi saudara-saudaranya yang hidup miskin sekaligus dapat berbuat baik kepada mereka.
Selain itu, manfaat puasa juga dapat membersihkan tubuh dari
pencemaran yang buruk dan memberikan kesehatan serta kekuatan Yg positif.
Hal tersebut telah diakui oleh banyak dokter. Bahkan mereka telah banyak mengobati pasien mereka dengan menggunakan puasa ini.
Semoga tulisan ini ada manfaatnya kurang lebihnya kami minta maaf apabila ditulisan ini ada kesalahan atau kealpaan dan itu bukan kami sengaja dan semoga puasa yang kita lakukan ini bisaberjalan denggan baik sesuwai keingginan kita dan di terima oleh Allah SWT.Amin Ya Rabbal Alamin.
Dan terima kasih.
Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan,ingat jaga kesehatan kalian semua.
juga menjaga ibadah kita, Sholat dan puasa jangan lupa melakukan/mengerjakannya,
Semoga Allah Meridhoi para pembaca semuanya .Amin.
SUMBER:
#
Hal tersebut telah diakui oleh banyak dokter. Bahkan mereka telah banyak mengobati pasien mereka dengan menggunakan puasa ini.
Semoga tulisan ini ada manfaatnya kurang lebihnya kami minta maaf apabila ditulisan ini ada kesalahan atau kealpaan dan itu bukan kami sengaja dan semoga puasa yang kita lakukan ini bisaberjalan denggan baik sesuwai keingginan kita dan di terima oleh Allah SWT.Amin Ya Rabbal Alamin.
Dan terima kasih.
Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan,ingat jaga kesehatan kalian semua.
juga menjaga ibadah kita, Sholat dan puasa jangan lupa melakukan/mengerjakannya,
Semoga Allah Meridhoi para pembaca semuanya .Amin.
SUMBER:
#
Disalin dari buku Meraih Puasa Sempurna, Diterjemahkan dari kitab
Ash-Shiyaam, Ahkaam wa Aa-daab, karya Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ahmad
ath-Thayyar, Penerjemah Abdul Ghoffar EM, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir.
#
Kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah yang di tulis oleh Syeikh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi.
Walaikum salam wr,wb.#
Kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah yang di tulis oleh Syeikh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi.
masjidalhidayahkepanjenpacenganjuk.blogspot.co.id
Komentar
Posting Komentar